Blog

Teman-teman dapat menyimak kisah jamaah dan informasi lainnya melalui artikel - artikel di bawah ini.

Di tahun 2019 ini Kajianmu telah memasuki usia 2 tahun melakukan pemberdayaan di masyarakat. Program Kajianmu fokus untuk mengembangkan usaha mikro ibu-ibu jamaah yang ada di daerah Kecamatan Sedayu, Kecamatan Moyudan, dan Kecamatan Minggir dengan berbasis masjid yang ada di dusun-dusun ketiga daerah tersebut. Usaha yang dijalankan ibu-ibu jamaah sangat beragam mulai dari kuliner, kerajinan hingga jasa, seperti angkringan, pembuat jajanan pasar, penjual makanan di kantin, penjual mie ayam, cilok, penjual gorengan, penjual  jamu, membuat tempe, pembuat kerajinan besek, dan sebagainya.

Dalam rangka mensyukuri tahun kedua kiprah pemberdayaan, Kajianmu  menyelenggarakan acara yang bertajuk “Syawalan & Milad Kedua Kajianmu”. Acara ini telah berlangsung pada Ahad, 23 Juli 2019 bertempat di komplek Masjid Darussalam, Ngentak, Argorejo, Sedayu Bantul. Acara dimulai pada pukul 07.00 pagi – 11.00 siang.  Dalam kegiatan tersebut, hadirin tidak hanya jamaah Kajianmu yang berasal dari wilayah Kecamatan Sedayu, Kecamatan Moyudan, & Kecamatan Minggir, tetapi juga para ibu-ibu masyarakat umum di daerah Ngentak, Argorejo, Sedayu, Bantul. Ratusan jamaah hadir dalam acara tersebut. Selain itu, para pemangku kebijakan dan tokoh masyarakat juga hadir dalam acara yang sekaligus sebagai ajang halal bi halal/syawalan.  Diantaranya adalah Bapak Fauzan Muarifin selaku camat Sedayu, Lurah Desa Argorejo yaitu Bapak Ngadimin, Ketua Umum Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sedayu yakni Bapak Eko Budi Suprihatin, Ketua  Umum Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Sedayu yaitu Ibu Hj. Sukarni, serta para kepala dukuh yang juga turut hadir memenuhi undangan.

Sejauh ini Kajianmu sudah membina sebanyak 18 majelis, dengan total jamaah sebanyak 400 an orang, dan uang yang sudah digulirkan untuk kegiatan pendampingan usaha jamaah  sebesar lebih dari Rp. 120.000.000.

Rangkaian acara “Syawalan & Milad Kedua Kajianmu”.

Pengajian Umum Bersama Pengasuh

Di kesempatan tersebut, rangkaian acara yang pertama adalah pengajian umum.  Pengajian umum langsung disampaikan oleh pengasuh Kajianmu yaitu Ustadz Muhammad Ghufron Mustaqim. Dalam pengajiannya beliau diantaranya menyampaikan tentang bahaya rentenir/bank plecit pada masyarakat  dan  bagaimana peran masjid untuk membantu membangkitkan ekonomi para jamaah maupun lingkungan sekitarnya.

“Masjid melalui takmir masjid mesti peduli dan memikirkan persoalan masyarakat sekitar masjid termasuk memikirkan agar usaha mikro kecil jamaah dapat tumbuh berkembang tidak terjebak rentenir.”  Tegas Ustadz Ghufron.

Pengajian umum bersama pengasuh ini bertujuan untuk menularkan spirit gerakan kepada segenap hadirin.

Periksa Kesehatan & Pengobatan Gratis

Semarak acara “Syawalan & Milad Kedua Kajianmu” dilengkapi dengan adanya periksa kesehatan & pengobatan gratis yang bekerjasama dengan Layanan Kesehatan Keliling (LKK) PKU Muhammadiyah Bantul. Ibu-Ibu sangat antusias mengikuti periksa kesehatan dan pengobatan gratis karena mereka ingin mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri. Ada sekitar 100 an jamaah yang memanfaatkan layanan periksa kesehatan dan pengobatan gratis ini.

Bazar Produk Jamaah

Sebagai program pemberdayaan ekonomi, Kajianmu membina ibu-ibu jamaah yang memiliki usaha kecil. Di acara ini para jamaah yang memiliki usaha diberi kesempatan untuk membuka lapak di stand Bazar. Selain untuk menambah omset penjualan, kegiatan bazar juga sebagai sarana untuk memperkenalkan produk kepada jamaah-jamaah yang lain maupun masyarakat umum.

Petisi Tolak Rentenir

Untuk menegaskan gerakan Kajianmu dalam memajukan usaha mikro dan pemberantasan rentenir, Kajianmu menginisiasi untuk membuat petisi tolak rentenir. Petisi diwujudkan dalam penandatanganan di atas kain putih lebar. Hampir seluruh jamaah yang hadir ikut menandatangani petisi ini, begitu pula dilakukan oleh Pak Camat, Pak Lurah, tokoh masyarakat, jamaah Kajianmu, pemuda setempat dan masyarakat umum.

Launching Program “Reresik Masjid”

Reresik Masjid adalah program terbaru dari Kajianmu yaitu program bersih-bersih masjid di dusun-dusun yang ada di DIY. Dengan adanya program ini, diharapkan masjid-masjid di DIY dapat lebih bersih dan wangi sehingga jamaah semakin bersemangat untuk sholat berjamaah ke masjid. Bersamaan dengan acara “Syawalan & Milad Kedua Kajianmu”, Reresik Masjid secara resmi dilaunching. Masjid pertama yang dibersihkan oleh Tim Reresik Masjid yaitu Masjid Darussalam, Ngentak, Argorejo, Sedayu. Selama kurang lebih sebulan, Reresik Masjid sudah membersihkan hampir 50 masjid. Adapun jumlah masjid yang terdaftar untuk dibersihkan sudah mencapai 500 masjid dan akan terus bertambah. [Fiya]

 

Donasi Kajianmu :

BNI Syari’ah 0741493468/ BPD Syari’ah DIY 801 241 002181

a.n Kajian Memberdayakan Umat

Kajianmu adalah program pemberdayaan masyarakat berbasis pengajian, pemberian pinjaman modal tanpa jaminan dan bunga, serta pendampingan usaha kepada Ibu-Ibu jamaah. 

Link

Home

Tentang Kajianmu

Donasi

Blog

Gallery

Kontak Layanan

Kabar Terbaru

Bu Sukinah : Berdaya dengan Memasok Sayur

Ibu Sukinah adalah salah satu jamaah Kajianmu di Masjid Babussalam, Dusun Jambon, Argosari, Sedayu, Bantul.  Untuk menopang kehidupan sehari-hari, wanita paruh baya ini menjalankan usaha pemasok sayur untuk usaha catering-catering yang sudah berjejaring dengannya dan...

Kajianmu Adakan Coaching Bisnis Lipatgandakan Omset Usaha

Dalam rangka membantu meningkatkan omset usaha jamaah, Kajianmu membuka Sekolah Berdikari. Program ini khusus untuk Ibu-Ibu jamaah Kajianmu yang menginginkan usahanya maju dengan omset meningkat 3 kali lipat dalam waktu 6 bulan. Sebagaimana desain periodik Sekolah...

Relawan Kajianmu Terima Beasiswa BETA

Jum’at (6/09/2019) sejumlah Relawan Kajian Memberdayakan Umat (Kajianmu) menerima beasiswa Ustadz-Ustadzah (BETA). Serah terima beasiswa tersebut dilaksanakan di Gedung BMT Tamzis cabang Godean. Acara berlangsung dari pukul 13.30 – 16.30 Wib dengan berbagai rangkaian...

Kontak Layanan

0822-4378-8754 (Fiya)

kajianmuid@gmail.com

Perum Griya Kencana Permai (GKP), Blok D5/No. 1, Argorejo, Sedayu, Bantul, DIY

Share This